Makalah Pentingnya Belajar dan Pembelajaran Bahasa Inggris

MAKALAH 
Pentingnya Belajar dan Pembelajaran Bahasa Inggris





DISUSUN OLEH:
ISMAWATI (1945040013)
19/A 



PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2020



Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah memberikan kesempatan pada saya untuk menyelesaikan makalah ini. Atas rahmat dan hidayah-Nya lah saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul "Pentingnya Belajar dan Pembelajaran Bahasa Inggris" tepat waktu.
Makalah "Pentingnya Belajar dan Pembelajaran Bahasa Inggris" disusun guna memenuhi tugas Ibu Rohana Syamsuddin pada mata kuliah Bahasa Inggris di Universitas Negeri Makassar.  Selain itu, saya juga berharap agar makalah ini dapat menambah wawasan bagi pembaca tentang pentingnya belajar dan pembelajaran bahasa inggris.
Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu selaku dosen mata kuliah bahasa inggris. Tugas yang telah diberikan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan terkait pentingnya belajar bahasa Inggris. Saya juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan makalah ini.
Saya menyadari makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan penulis terima demi kesempurnaan makalah ini.

Pinrang, 04 Juni 2020

Ismawati





Daftar Isi

Kata Pengantar.    i
Daftar Isi    ii
Bab I Pendahuluan    1
1.1.  Latar Belakang    1
1.2.. Rumusan Masalah    .....1
1.3.  Tujuan    2
Bab II Pembahasan    3
2.1 Penting Belajar Bahasa Inggris    3   
2.2 Cara meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran berbahasa Inggris    4
2.3. Kegunaan Bahasa Inggris di Dunia Pendidikan di kehidupan sehari-hari    5
Bab III Penutup    6
  Kesimpulan   
Daftar Pustaka    7







Bab I
Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling umum digunakan. Dikutip dari Rohana Syamsuddin (2020:1), "bahasa adalah simbol dan bahasa adalah sistem simbol, baik dalam bentuk suara maupun tulisan, yang digunakan dan disepakati oleh kelompok sosial". Salah satu bahasa yang paling sering digunakan yakni bahasa Inggris. 
Pada negara berkembang seperti Indonesia,  bahasa Inggris memiliki peran yang cukup vital di semua aspek kehidupan, seperti aspek pendidikan, sains, teknologi, dan perekonomian. Selain itu, bahasa Inggris digunakan untuk mengembangkan hubungan dalam forum internasional. 
Sebagai bahasa global atau universal, bahasa Inggris tidak hanya memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan setiap orang di seluruh dunia, tetapi juga bisa mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik. Selain itu, kami juga harus menyadari bahwa negara-negara barat memainkan peran luar biasa dalam mengembangkan dan menjaga ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi, jika kita ingin menjadi ilmuwan terampil, ahli bahasa, dan mampu bersaing dengan negara-negara lain di dunia, kita harus memahami, menguasai dan mempelajari bahasa yang mereka gunakan, yaitu bahasa Inggris. 

1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Jelaskan maksud pentingnya belajar bahasa Inggris?
1.2.2 Bagaimana cara meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran bahasa Inggris?
1.2.3 Jelaskan kegunaan bahasa Inggris di dunia pendidikan dan kehidupan sehari-hari?
1.3 Tujuan
1.3.1 Untuk mengetahui pentingnya belajar bahasa Inggris
1.3.2 Untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan dalam  pembelajaran bahasa Inggris
1.3.3 Untuk mengetahui kegunaan bahasa Inggris di dunia pendidikan dan kehidupan sehari-hari















Bab II 
Pembahasan
2.1 Pentingnya belajar bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh banyak negara. Dikutip dari Rohana Syamsuddin (2016), "bahasa Inggris adalah bahasa  internasional yang banyak digunakan untuk komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat internasional". Sejatinya bahasa Inggris sudah lama dipelajari di sekolah . Namun masih banyak pelajar yang belum bisa menggunakan bahasa Inggris secara fasih. Menurut, Rohana Syamsuddin (2020:), "bahasa Inggris di Indonesia sangat sulit karena bahasa Inggris adalah bahasa asing. Para siswa perlu berpikir keras dan bahkan menerjemahkan untuk menangkap makna dari bahasa target ke bahasa kedua". Hal ini memberikan gambaran bahwasanya diperlukan modifikasi terkait metode pembelajaran bahasa Inggris yang ada sehingga akan lebih mempermudah pelajar menguasai bahasa Inggris. 
Selama berabad-abad banyak pendekatan dan metode telah diterapkan dengan gagasan untuk meningkatkan proses belajar-mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan kebutuhan yang dipelajari bahasa Inggris berubah sepanjang waktu. Untuk itu,  dosen harus tahu tentang kondisi mahasiswanya dan membuat siswa mampu menguasai subjek dengan baik. Mereka juga harus mengetahui beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris dan memberi mereka pemahaman bahasa Inggris yang baik. Motivasi hadir di setiap bidang di mana manusia menunjukkan kemajuan seperti pembelajaran bahasa¹. 
Tetapi  kurangnya kemampuan pemahaman bahasa Inggris dan ketidakmampuan untuk berkomunikasi dengan benar dan benar sesuai dengan metode berkomunikasi bahasa Inggris. Selain itu tidak tersedianya sumber belajar dan alat belajar yang mendukung peningkatan minat dan motivasi untuk belajar bahasa Inggris. Rendahnya prestasi siswa terhadap bahasa Inggris antara lain karena siswa menganggap bahasa Inggris sangat sulit untuk dipelajari karena ada perbedaan dalam menulis dan membaca, ada intonasi, pelafalan yang berbeda, sehingga mereka kurang tertarik untuk belajar bahasa Inggris (Thakur, 2015), ini perlu memberikan solusi untuk menyediakan alat belajar, sumber belajar (Meara, 1986) dan buku pelajaran bahasa Inggris dan dengan menyediakan fasilitas laboratorium bahasa untuk mengembangkan berbicara keterampilan, dan mendengarkan (Darus et al., 2012)². 
Belajar bahasa Inggris sangat penting karena hampir segala kehidupan tidak terlepas dari bahasa Inggris, mulai dari produk makanan hingga alat transportasi rata-rata menggunakan bahasa Inggris di kemasan produknya sehingga jika kita tidak memiliki sedikit saja pemahaman akan bahasa Inggris kita akan tertinggal. Selain itu, di dunia pekerjaan banyak perusahaan yang syarat utama merekrut karyawannya yaitu harus fasih berbahasa Inggris karena hal ini akan berguna apabila ada investor asing yang ingin menanamkan modal di perusahaan tersebut. Untuk itu penting belajar bahasa Inggris meskipun hanya beberapa yang biasa digunakan di kehidupan sehari-hari.
2.2 Cara yang digunakan untuk meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris
Dalam pembelajaran bahasa Inggris terdapat cara-cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seperti kursus atau belajar secara otodidak melalui media yang bersifat online. Dewasa ini sudah banyak aplikasi yang dapat membantu kita dalam belajar bahasa Inggris seperti cake, dualingo, kamus online dan sebagainya. Selain itu, jika ingin belajar berbahasa Inggris melalui video pelajar dapat mengakses melalui YouTube yang memuat banyak video-video cara berbahasa Inggris yang baik dengan cepat dan mudah. Menonton film berbahasa Inggris, membaca buku yang berbahasa Inggris juga bisa dijadikan alternatif dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hanya saja pembelajaran bahasa Inggris di sekolah sangat terpaku pada tense sehingga pelajar mudah bosan ditambah dengan bahasa yang belum dipahami betul oleh pelajar menjadikan minat belajar siswa menurun dan tidak ingin mempelajari bahasa Inggris. Padahal bahasa Inggris sangat berguna sebagai modal untuk bermitra dengan orang-orang diluar Indonesia.
Jadi diperlukan modifikasi dalam Pembelajaran dengan model koperatif, Menurut Rohana (2020), “pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang saat ini banyak digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik".
Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk mendukung pembelajaran aktif, aktivitas pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa, minat, kreativitas, dan pemikiran kritis siswa. Langkah-langkah untuk pembelajaran Investigasi Kelompok dalam kegiatan pembelajaran di kelas adalah sebagai berikut; (1) membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen, (2) menjelaskan tujuan pembelajaran dan tugas kelompok, (3) memanggil pemimpin kelompok dan masing-masing kelompok mendapat satu tugas materi atau tugas yang berbeda dari kelompok lain. (4) Setiap kelompok membahas materi yang ada secara kooperatif dan sedang bersifat penemuan, (5) Setelah menyelesaikan diskusi, juru bicara kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok (6) The instruktur / dosen menjelaskan dengan baik seperti memberi a kesimpulan. (7) Evaluasi dan (8) Penutupan. (Pgsd et al., tidak ada tanggal). Kelebihan model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) adalah: (1) Dapat mengintegrasikan peserta didik dari berbagai kemampuan melalui kelompok heterogen, (2) Melatih siswa untuk meningkatkan kolaborasi dalam kelompok. (3) Latih siswa untuk bertanggung jawab karena memberikan mereka tugas untuk selesai (Bank et al., 2012)³.
2.3 Kegunaan bahasa Inggris di dunia pendidikan dan dikehidupan sehari-hari
Di dunia pendidikan, bahasa Inggris digunakan untuk mengembangkan hubungan dalam forum internasional, untuk membaca buku bahasa Inggris (terutama untuk siswa dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi / universitas), untuk mempererat hubungan antar bangsa-bangsa di dunia, dll Sebagai siswa, kita belajar bahasa Inggris dimaksudkan untuk memperoleh berbagai pengetahuan, untuk memahami dan memahami buku teks belajar dalam bahasa Inggris, untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan, dan siap masuk ke universitas, sebagai salah satu persyaratan tes bagi siswa SMA senior (SMA), dan lain-lain.  Melihat peran penting di atas bahasa Inggris, itulah sebabnya bahasa Inggris amat penting untuk memahami dan menguasai oleh setiap orang di seluruh dunia sejak tahun sebelumnya.⁴
Mempelajari bahasa Inggris memiliki banyak untuk diri sendiri maupun orang lain. Penggunaan bahasa Inggris pada produk-produk yang beredar di pasaran merupakan hal lumrah. Namun banyak masyarakat yang awan akan hal ini. Oleh karenanya, masyarakat yang awan akan produk yang berbahasa Inggris tidak akan membaca petunjuk yang ada di kemasan produk, padahal hal itu sangat penting untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan pada produk, halal atau haram, boleh dikonsumsi bayi atau tidak, dan lain-lain. Penting bagi masyarakat awan untuk belajar bahasa Inggris walaupun hanya mengenai hal-hal dasar yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. 
Selain itu, jika seseorang sewaktu-waktu berada di luar negeri ia tidak perlu takut untuk berbicara dengan orang lain dan kemungkinan untuknya tersesat juga kecil karena ia tidak akan sungkan untuk bertanya kepada orang lain karena ia bisa berbahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah modal untuk mengembangkan bisnis, karir, dan sebagainya di luar negeri. 








Bab III
Penutup
Kesimpulan
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh banyak negara. Bahasa Inggris adalah bahasa  internasional yang banyak digunakan untuk komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat internasional. Belajar dan pembelajaran bahasa Inggris sangat penting karena bahasa Inggris memiliki banyak manfaat di dunia pendidikan dan di kehidupan sehari-hari. Selain itu, media untuk pembelajaran bahasa Inggris juga sudah banyak. Jadi mari belajar berbahasa Inggris dengan baik dan benar.. 















Daftar Pustaka
¹Rohana,  Syamsuddin, "Meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris dengan Implementasi SAVI Appoarch di Siswa PGSD". Hal:2. 2020.
²Rohana Syamsuddin, "Mengembangkan Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Implementasi Kelompok Jenis Pembelajaran Kooperatif Model Investigasi". Vol.82. No.13856-13867. Hal:2. 2020.
³Rohana Syamsuddin, "Mengembangkan Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Implementasi Kelompok Jenis Pembelajaran Kooperatif Model Investigasi". Vol.82. No.13856-13867. Hal:3. 2020.
⁴Serbaserbi. 2016. "Makalah Pentingnya Bahasa Inggris". http://serbaserbi93.blogspot.com/2016/05/makalah-pentingnya-bahasa inggeris.html?m=1. Diakses pada tanggal 4 Juni 2020.

Rohana, Syamsuddin. 2020. Mengembangkan Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Implementasi Kelompok Jenis Pembelajaran Kooperatif Model Investigasi. Vol. 82. No.13856-13867. Hal:2-3.
Rohana,  Syamsuddin. 2020. Meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris dengan Implementasi SAVI Appoarch di Siswa PGSD. Doi: 10.4108/eai.14-9-2019.22090291. Hal:2-3.
Rohana Syamsuddin.  2020. Improving Learners' Articulation In Indonesian Language Speaking Using Cooperative Learning. International Journal of Scientific & Technology Research.

Komentar